Pendidikan Anak, Tanggung Jawab Siapa?
Kita yang sudah menjadi orang tua tentu senantiasa berharap, berdo’a
dan berusaha semaksimal mungkin agar anak-anak kita kelak menjadi
anak-anak yang shalih, anak-anak yang bermanfaat. Namun siapa yang
bertanggung jawab menjadikan mereka anak shalih, apakah orang tua?
Ataukah sekolah dan para gurunya?
Beruntungnya Orang Tua Yang Memiliki Anak Shalih
Sungguh
beruntung dan berbahagialah orang tua yang telah mendidik anak-anak
mereka sehingga menjadi anak yang shalih, yang selalu membantu orang
tuanya, mendo’akan orang tuanya, membahagiakan mereka dan menjaga nama
baik kedua orang tua. Karena anak yang shalih akan senantiasa menjadi
investasi pahala, sehingga orang tua akan mendapat aliran pahala dari
anak shalih yang dimilikinya.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ
ثَلَاثَةٍ إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ
أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Apabila seorang telah
meninggal dunia, maka seluruh amalnya terputus kecuali tiga, yaitu
sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang
mendo’akannya.” (HR. Muslim: 1631).
Demikian pula, kelak di
hari kiamat, seorang hamba akan terheran-heran, mengapa bisa dia meraih
derajat yang tinggi padahal dirinya merasa amalan yang dia lakukan
dahulu di dunia tidaklah seberapa, namun hal itu pun akhirnya diketahui
bahwa derajat tinggi yang diperolehnya tidak lain dikarenakan do’a
ampunan yang dipanjatkan oleh sang anak untuk dirinya.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِلْعَبْدِ
الصَّالِحِ فِي الْجَنَّةِ فَيَقُولُ يَا رَبِّ أَنَّى لِي هَذِهِ
فَيَقُولُ بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ
“Sesunguhnya Allah
ta’ala akan mengangkat derajat seorang hamba yang shalih di surge.
Kemudian dia akan berkata, “Wahai Rabb-ku, bagaimana hal ini bisa
terjadi padaku? Maka Allah menjawab, “Hal itu dikarenakan do’a yang
dipanjatkan anakmu agar kesalahanmu diampuni.” (HR. Ahmad: 10618.
Hasan).
Oleh karenanya, saking urgennya pembinaan dan
pendidikan sang anak sehingga bisa menjadi anak yang shalih, Allah
ta’ala langsung membebankan tanggung jawab ini kepada kedua orang tua.
Allah ta’ala berfirman dalam sebuah ayat yang telah kita ketahui bersama,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ (٦)
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari
api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (At Tahrim: 6).
Seorang tabi’in, Qatadah, ketika menafsirkan ayat ini mengatakan,
تأمرهم بطاعة الله وتنهاهم عن معصية الله وأن تقوم عليهم بأمر الله
وتأمرهم به وتساعدهم عليه فإذا رأيت لله معصية ردعتهم عنها وزجرتهم عنها
“Yakni, hendaklah engkau memerintahkan mereka untuk berbuat taat kepada
Allah dan melarang mereka dari berbuat durhaka kepada-Nya. Dan
hendaklah engkau menerapkan perintah Allah kepada mereka dan perintahkan
dan bantulah mereka untuk menjalankannya. Apabila engkau melihat mereka
berbuat maksiat kepada Allah, maka peringatkan dan cegahlah mereka.”
(Tafsir al-Quran al-’Azhim 4/502).
Demikian pula, Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam memikulkan tanggung jawab pendidikan anak
ini secara utuh kepada kedua orang tua.
Dari Ibnu radhiallahu ‘anhu, bahwa dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ الْإِمَامُ رَاعٍ
وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ
مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ
“Setiap kalian adalah pemimpin dan
akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya. Seorang imam
adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggunjawabannya dan demikian juga
seorang pria adalah seorang pemimpin bagi keluarganya dan akan dimintai
pertanggungjawaban atas kepemimpinannya.” (HR. Bukhari: 2278).
Abdullah bin Umar radhiallahu ‘anhuma berkata,
أدب ابنك فإنك مسؤول عنه ما ذا أدبته وما ذا علمته وهو مسؤول عن برك وطواعيته لك
“Didiklah anakmu, karena sesungguhnya engkau akan dimintai
pertanggungjawaban mengenai pendidikan dan pengajaran yang telah engkau
berikan kepadanya. Dan dia juga akan ditanya mengenai kebaikan dirimu
kepadanya serta ketaatannya kepada dirimu.”(Tuhfah al Maudud hal. 123).
Tanggung Jawab Orang Tua
Tanggung jawab pendidikan anak ini harus ditangani langsung oleh kedua
orang tua. Para pendidik yang mendidik anak di sekolah–sekolah, hanyalah
partner bagi orang tua dalam proses pendidikan anak.
Orang tua yang
berusaha keras mendidik anaknya dalam lingkungan ketaatan kepada Allah,
maka pendidikan yang diberikannya tersebut merupakan pemberian yang
berharga bagi sang anak, meski terkadang hal itu jarang disadari.
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Al-Hakim, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ما نحل والد ولده أفضل من أدب حسن
“Tiada suatu pemberian yang lebih utama dari orang tua kepada anaknya selain pendidikan yang baik.” (HR. Al Hakim: 7679).
Mengenai tanggung jawab pendidikan anak terdapat perkataan yang
berharga dari imam Abu al-Hamid al-Ghazali rahimahullah. Beliau berkata,
“perlu diketahui bahwa metode untuk melatih/mendidik anak-anak termasuk
urusan yang paling penting dan harus mendapat prioritas yang lebih dari
urusan yang lainnya. Anak merupakan amanat di tangan kedua orang tuanya
dan qalbunya yang masih bersih merupakan permata yang sangat berharga
dan murni yang belum dibentuk dan diukir. Dia menerima apa pun yang
diukirkan padanya dan menyerap apa pun yang ditanamkan padanya. Jika dia
dibiasakan dan dididik untuk melakukan kebaikan, niscaya dia akan
tumbuh menjadi baik dan menjadi orang yang bahagia di dunia dan akhirat.
Dan setiap orang yang mendidiknya, baik itu orang tua maupun para
pendidiknya yang lain akan turut memperoleh pahala sebagaimana sang anak
memperoleh pahala atas amalan kebaikan yang dilakukannya. Sebaliknya,
jika dibiasakan dengan keburukan serta ditelantarkan seperti hewan
ternak, niscaya dia akan menjadi orang yang celaka dan binasa serta dosa
yang diperbuatnya turut ditanggung oleh orang-orang yang berkewajiban
mendidiknya” (Ihya Ulum al-Din 3/72).
Senada dengan ucapan al-Ghazali di atas adalah perkataan al-Imam Ibnu al-Qayyim rahimahullah,
“Siapa saja yang mengabaikan pendidikan anaknya dalam hal-hal yang
berguna baginya, lalu dia membiarkan begitu saja, berarti dia telah
berbuat kesalahan yang fatal. Mayoritas penyebab kerusakan anak adalah
akibat orang tua mengabaikan mereka, serta tidak mengajarkan berbagai
kewajiban dan ajaran agama. Orang tua yang menelantarkan anak-anaknya
ketika mereka kecil telah membuat mereka tidak berfaedah bagi diri
sendiri dan bagi orang tua ketika mereka telah dewasa. Ada orang tua
yang mencela anaknya yang durjana, lalu anaknya berkata, “Ayah, engkau
durjana kepadaku ketika kecil, maka aku pun durjana kepadamu setelah aku
besar. Engkau menelantarkanku ketika kecil, maka aku pun
menelantarkanmu ketika engkau tua renta.” (Tuhfah al-Maudud hal. 125).
Orang Tua Shalih, Anak pun Shalih!
“Hazm mengatakan, “Saya mendengar al-Hasan al-Bashri ditanya oleh Katsir bin Ziyad mengenai firman Allah ta’ala, “
وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا
وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
(٧٤)
“Ya Rabb kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri
kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah
kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Al Furqan: 74).
Katsir bin Ziyad bertanya kepada al-Hasan, “Wahai Abu Sa’id, apakah yang
dimaksud qurrata a’yun (penyenang hati) dalam ayat ini terjadi di dunia
ataukah di akhirat? Maka al-Hasan pun menjawab, “Tidak, bahkan hal itu
terjadi di dunia.” Katsir pun bertanya kembali, “Bagaimana bisa?”
al-Hasan menjawab, “Demi Allah, Allah akan memperlihatkan kepada seorang
hamba, istri, saudara dan kolega yang taat kepada Allah dan demi Allah
tidak ada yang menyenangkan hati seorang muslim selain dirinya melihat
anak, orang tua, kolega dan saudara yang tumbuh dalam ketaatan kepada
Allah ‘azza wa jalla.” (Tuhfah al Maudud hal. 123).
Betapa
indahnya, jika kita memandang anak-anak kita menjadi anak yang shalih,
karena hal itu salah satu penyejuk pandangan kita. Namun yang patut kita
perhatikan adalah faktor yang juga mengambil peran penting dalam
pembentukan keshalehan anak adalah keshalihan orang tua itu sendiri.
Jika kita menginginkan anak-anak shalih, maka kita juga harus menjadi
orang yang shalih. Ada pepatah Arab yang bagus mengenai hal ini,
كيف استقم الظل و عوده أعوج
“Bagaimana bisa bayangan itu lurus sementara bendanya bengkok?”
Kita selaku orang tua adalah bendanya sedangkan anak-anak kita adalah
bayangannya. Jika diri kita bengkok, maka anak pun akan bengkok dan
rusak. Dan sebaliknya, jika diri kita lurus, maka insya Allah anak-anak
akan lurus.
Allah ta’ala berfirman,
ذُرِّيَّةً بَعْضُهَا مِنْ بَعْضٍ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ
“Keturunan itu sebagiannya merupakan (turunan) dari yang lain.” (Ali Imran: 34).
Maksud dari ayat di atas adalah orang tua yang baik, sumber yang baik, insya Allah akan menghasilkan keturunan yang baik pula.
Keshalihan orang tua juga akan memberikan manfaat positif, karena Allah
akan menjaga sang anak. Allah berfirman dalam surat al-Kahfi ayat 82,
وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ
وَكَانَ تَحْتَهُ كَنْزٌ لَهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا فَأَرَادَ
رَبُّكَ أَنْ يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنْزَهُمَا رَحْمَةً
مِنْ رَبِّكَ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ذَلِكَ تَأْوِيلُ مَا لَمْ
تَسْطِعْ عَلَيْهِ صَبْرًا (٨٢)
“Adapun dinding rumah itu
adalah kepunyaan dua orang anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada
harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang
yang saleh.” (Al Kahfi: 82).
Dalam ayat ini diberitakan bahwa
dikarenakan keshalihan orang tua, Allah menjaga dan memelihara sang
anak, serta tidak mengecewakan orang tua. Oleh karenanya, keshalihan
orang tua itu akan berpengaruh pada sang anak, bahkan manfaat itu tidak
terbatas pada sang anak semata, tapi juga berdampak kepada cucu-cucunya
sebagaimana diriwayatkan oleh al-Hafizh Ibnu Katsirrahimahullah bahwa
yang dimaksud
وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحًا
Dalam ayat tersebut adalah kakek ketujuh dari dua anak tadi.
Kelak di surga, Allah ta’ala pun akan mengumpulkan sang anak bersama
orang tua mereka yang shalih, meskipun amalan sang anak tidak dibanding
amalan orang tua.
وَالَّذِينَ آمَنُوا وَاتَّبَعَتْهُمْ
ذُرِّيَّتُهُمْ بِإِيمَانٍ أَلْحَقْنَا بِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَمَا
أَلَتْنَاهُمْ مِنْ عَمَلِهِمْ مِنْ شَيْءٍ كُلُّ امْرِئٍ بِمَا كَسَبَ
رَهِينٌ (٢١)
“Dan orang-orang yang beriman, dan anak cucu
mereka yang mengikuti mereka dalam keimanan, Kami hubungkan anak cucu
mereka dengan mereka, dan Kami tiada mengurangi sedikitpun dari pahala
amal mereka. tiap-tiap manusia terikat dengan apa yang dikerjakannya.”
(Ath Thuur: 21).
Maka disini, Allah ta’ala memasukkan anak-anak
orang mukmin ke dalam surga dengan syarat mereka juga beriman. Maka,
betapa menyenangkannya, jika kita berkumpul bersama keluarga kita di
surga sebagaimana kita berkumpul di dunia ini. Meskipun amal ibadah sang
anak tidak sepadan dengan kedua orang tuanya, amalnya kurang daripada
orang tuanya, namun Allah tetap memasukkan keturunannya ke dalam surga.
Karena apa? Karena keshalehan kedua orang tuanya.
Betapa
pentingnya hal ini, yaitu menjadikan pribadi kita, yaitu orang tua,
menjadi pribadi yang shalih, sampai-sampai salah seorang yang shalih
pernah mengatakan,
يا بني إني لأستكثر من الصلاة لأجلك
“Wahai anakku, sesungguhnya aku memperbanyak shalat karenamu (dengan harapan Allah akan menjagamu).”
Ada seorang tabi’in yang bernama Sa’id ibn al-Musayyib rahimahullah juga pernah berkata,
إني لأصلي فأذكر ولدي فأزيد في صلاتي
“Ada kalanya ketika aku shalat, aku teringat akan anakku, maka aku pun
menambah shalatku (agar anak-anakku dijaga oleh Allah ta’ala).”
Maka, mari kita menjadikan diri kita sebagai pribadi yang baik, taat
kepada Allah dan shalih, kita jalankan perintah-perintah Allah dan
meninggalkan larangan-larangan-Nya dengan harapan nantinya Allah ta’ala
menjaga dan memelihara anak-anak kita.
Penulis: Muhammad Nur Ichwan Muslim
Artikel Muslim.Or.Id
No comments:
Post a Comment