GURU MIM BANARAN SAMBUNGMACAN

GURU MIM BANARAN SAMBUNGMACAN

siswa

siswa

.

Q.S. Ali Imran : 104

"DAN HENDAKLAH ADA DI ANTARA KAMU SEGOLONGAN UMAT YANG MENYERU KEPADA KEBAJIKAN, MENYURUH KEPADA YANG MA’RUF DAN MENCEGAH DARI YANG MUNKAR; MEREKALAH ORANG-ORANG YANG BERUNTUNG.” (Q.S. ALI IMRAN [3]: 104)

KH. AHMAD DAHLAN

"HIDUP-HIDUPILAH MUHAMMADIYAH DAN JANGAN MENCARI HIDUP DI MUHAMMADIYAH"

SEKILAS MIM BANARAN SAMBUNGMACAN



SEKILAS MIM BANARAN SAMBUNGMACAN



MIM Banaran Sambungmacan adalah Madrasah ibtidaiyah atau setingkat sekolah dasar yang berada di Dusun Butuh, Desa Banaran Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen. MIM Banaran Berdiri atas prakarsa dari Tokoh Islam Desa Banaran pada Tahun 1959 yang saat itu menjadi tokoh dalam perjuangan Islam Khususnya di Banaran dan umumnya di Kecamatan Sambungmacan. MIM Banaran pada saat berdirinya mendapatkan hati dari Masyarakat desa Banaran dan sekitarnya. Berjalannya waktu banyak SD di sekitar yang bermunculan, lambat laun MIM Banaran dari segi siswa mulai berkurang karena persebaran siswa yang sekolah di SD yang lebih dekat.
 Kepala MIM Banaran dari sejak berdiri telah berganti- ganti sebanyak 8 kali, pada saat ini Kepala Madrasah di MIM Banaran di Pegang oleh Ustadzah Iswatik dari Banaran Sambungmacan. Semenjak menjabat dari tahun 2003, perkembangan MIM Banaran secara berlahan- lahan mulai menunjukkan hasilnya. Dari siswa awal pada tahun 2003 tidak lebih dari 60 siswa, pada tahun pelajaran 2014/ 2015 sekarang siswa berjumlah 145, karena Ustad Ustadzah MIM Banaran semuanya merupakan tenaga muda yang sangat semangat dalam mengembangkan Madrasah, perkembangan yang positif ke depan yang lebih baik insya Allah dapat tercapai.  Semoga siswa MIM Banaran dapat bertambah dan terus maju pada tahun- tahun berikutnya.
Dari segi Bangunan, MIM Banaran merupakan bangunan kriteria cukup baik dalam penilaian Kementerian Agama Kabupaten Sragen. Dengan Jumlah 7 ruang kelas dan 1 ruang kantor guru, sudah sangat cukup untuk Madrasah yang setingkat Sekolah dasar. Tetapi Kans Positif yang didapat MIM Banaran dalam penerimaan Siswa Baru dan Jumlah seluruh siswa dalam 5 Tahun Terakhir. Sangat tidak mungkin apabila gedhung tidak bertambah sedangkan siswa terus meningkat. Dalam hal ini butuh Peran Serta Masyarakat, komite Madrasah, Dikdasmen Muhammadiyah, dan bahkan orang tua wali dalam Perkumpulan silaturrahmi Orang Tua Wali Siswa.
Pada Tahun 2013, MIM Banaran Sambungmacan mendapatkan bantuan pendampingan dari USAID Prioritas dari Kabupaten Sragen. USAID PRIORITAS adalah program yang dikembangkan USAID dan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas akses pendidikan dasar di Indonesia khususnya di MIm Banaran Sambungmacan. USAID PRIORITAS adalah bagian dari kesepakatan antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Republik Indonesia. Program ini bekerja sama dengan mitra di tingkat nasional dan lokal untuk Meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran di Madrasah, Meningkatkan tata kelola dan manajemen pendidikan di Madrasah, membantu dalam Meningkatkan dukungan koordinasi di dalam dan antar madrasah serta pelatihan bagi guru.
Yang paling terlihat dari sebelum pendampingan dan sesudah pendampingan adalah pembelajaran di kelas lebih terlihat PAKEM yaitu Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Sehingga dengan pembelajaran tersebut siswa menjadi lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Hasil dari Pembelajaran PAKEM ini secara fisik di dalam kelas, terlihat adanya banyak sekali karya siswa yang di pamerkan, dipajang, di gantung dan ditempel.
Selain hal tersebut diatas, masih banyak lagi kegiatan- kegiatan MIM Banaran dalam pembelajaran dan proses pendidikan di Madrasah. Dari Pengembangan diri, kegiatan- kegiatan menarik, hingga Ekstra kurikuler membuat lulusan dari MIM Banaran dapat bersaing dalam mencari sekolah / madrasah faforit yang di inginkan.
Beberapa upaya dalam madrasah yang di sebutkan di atas, tidak lain untuk membantu siswa agar siap menghadapi tantangan di masyarakat dan berperan aktif sesuai dengan perannya masing - masing, maka MIM Banaran memberikan berbagai macam kegiatan yang membantu siswa untuk mengembangkan diri secara lebih optimal. Siswa disiapkan tidak hanya dalam segi intelektual yang menjadi dasar bagi siswa untuk mampu bernalar dan bersikap kritis tetapi juga dalam pengembangan dirinya secara utuh sebagai pribadi. Keutuhan pribadi dibentuk melalui proses pembelajaran yang memperhatikan segi kognitif ( pengetahuan ), afektif ( sikap ), dan psikomotorik ( keterampilan fisik ) dengan didasarkan juga pada penanaman nilai - nilai hidup yang terintegrasi di dalam setiap bidang studi. Nilai hidup itulah yang bisa menjadi benteng kekuatan bagi siswa untuk menghadapi tantangan hidup mereka di kemudian hari.
Sebagai tahapan akhir dari satu sistem pendidikan yang berkesinambungan, MIM Banaran Sambungmacan berusaha mempersiapkan siswa melalui pendampingan dan berbagai kegiatan yang terencana serta terpadu seperti Tahfidz, Berdo’a & Sholat berjamaah sejak siswa berada di kelas I hingga kelas VI.
Memahami kebutuhan anak akan pentingnya pemahaman diri dan teman yang positif dengan lingkungan, maka dalam berbagai kesempatan siswa diajak untuk mampu berfikir, berkomunikasi, berelasi secara positif dan membangun. Melalui kemampuan berkomunikasi yang baik, siswa diharapkan mampu mengekspresikan dirinya dan berbagi dengan orang lain. Siswa MIM Banaran juga diajak untuk lebih mengenal jati dirinya sebagai seorang pribadi dalam komunikasi dengan orang lain dan lingkungan. Pengenalan diri ini menjadi sangat penting dalam tahapan perkembangan siswa sebagai seorang yang mulai memasuki masa dewasa
Kematangan pribadi siswa tidak hanya secara intelektual, sosial, dan emosi tetapi juga matang secara rohani. Oleh karena itu siswa juga dibekali melalui pengalaman dan pengamalan beribadah kepada Allah SWT. Pembentukan pengalaman - pengalaman keagamaan tidak hanya dilakukan dalam kegiatan beribadah, tetapi juga dalam kegiatan rutin harian melalui refleksi harian baik dalam bidang studi maupun dalam berbagai kegiatan rutin harian. pengalaman - pengalaman pembelajaran lewat berbagai kegiatan diharapkan dapat mampu membantu siswa untuk tumbuh menjadi pribadi yang utuh sesuai dengan salah satu visi dan misi MIM Banaran yaitu membentuk siswa yang cerdas dan taqwa.
Kecerdasan pribadi yang sudah terbagun melalui berbagai kegiatan yang ada menjadi sebuah sarana bagi siswa untuk mau berbagi dan melayani sesuai dengan kemampuan dan peran masing - masing. Semoga, semua komponen MIM Banaran Sambungmacan dapat mengalami kemajuan, dan dapat bermanfaat untuk Islam di Banaran dan umumnya untuk masyarakat di desa Banaran.



No comments:

Post a Comment